'/> Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, Dan 3 Rakaat

Info Populer 2022

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, Dan 3 Rakaat

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, Dan 3 Rakaat
Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, Dan 3 Rakaat
Sholat witir ialah salah satu sholat sunnah muakad yang dikerjakan sebagai sholat epilog dari rangkaian ibadah sholat malam, menyerupai sholat tarawih di bulan Ramadhan atau sholat tahajud di bulan-bulan biasa.

Sholat witir mempunyai banyak keutamaan, alasannya ialah Rosululloh telah mencontohkan pengaplikasian sholat sunah ini di masa hidup beliau. Kendati mempunyai banyak keutamaan, sangat sedikit para muslimin muslimah masa sekarang yang mau menunaikannya. Salah satu halangan yang mengakibatkan mereka jarang melaksanakan sholat ini ialah alasannya ialah mereka tidak hapal bacaan niatnya. Oleh alasannya ialah itu, untuk menjawaban halangan tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas perihal bacaan niat sholat witir mulai dari yang 1 rakaat, 2 rakaat, hingga 3 rakaat. Silakan disimak dan dihapalkan!

Niat Sholat Witir

 ialah salah satu sholat sunnah muakad yang dikerjakan sebagai sholat epilog dari rangka Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat, 2 Rakaat, dan 3 Rakaat

Witir berarti ganjil. Oleh karenanya, sholat witir juga disebut sebagai sholat sunah yang dikerjakan dalam rakaat yang ganjil. Shalat witir sanggup dikerjakan dalam 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat, atau 11 rakaat.

Jika dikerjakan dalam 3 rakaat atau ludang keringh, sholat witir sanggup dilakukan masing-masing 2 rakaat dengan 1 salam dan diakhiri 1 rakaat dengan 1 salam. Artinya bila Anda mengerjakan 3 rakaat, maka Anda harus melaksanakan 2 salam, 2 rakaat pertama 1 salam dan 1 rakaat terakhir 1salam, begitu seterusnya.

Niat Sholat Witir 2 Rakaat

Untuk melaksanakannya dalam 2 rakaat, Anda sanggup membaca niat sholat witir dengan lafal sebagai diberikut

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Ushalli Sunnatal Witri Rak' Ataeni Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Taa'alaa”
Artinya : “Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat alasannya ialah Allah Ta'ala.”

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Sedangkan untuk melaksanakannya dalam 1 rakaat, Anda sanggup melafalkan bacaan niat sholat witir diberikut:

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Usholli Sunnatal Witri Rak' atam Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'aalaa.”
Artinya : “Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat alasannya ialah Allah Ta'ala.”

Sholat Witir 3 Rakaat

Tak sedikit para pembaca yang menanyakan pada kami perihal bagaimana bacaan niat sholat witir 3 rakaat. D isini perlu kami garis bawahi bahwa tidak ada aturan yang menjelaskan perihal pengaplikasian shalat witir dalam 3 rakaat sekaligus (1 kali salam).

Jika ingin melaksanakan sholat sunah ini dalam 3 rakaat, kita harus membaginya dalam 2 salam, yaitu 2 rakaat pertama 1 salam dengan membaca niat sholat witir 2 rakaat dan 1 rakaat terakhir 1 salam dengan membaca niat sholat witir 1 rakaat. Demikian hukumnya. Jika ada yang membuat atau mengajarkan niat sholat witir 3 rakaat sekaligus, hal ini tentu dipertanyakan alasannya ialah Rasululloh tidak memdiberi pola yang demikian.

Nah, itulah sekilas pemaparan mengenai bacaan niat sholat witir 1 rakaat dan 2 rakaat yang sanggup kami sampaikan. Semoga Anda sanggup lekas menghapalnya dan menjadi rutin menunaikan sholat epilog malam ini, sehingga kita tiruana tergolong orang-orang yang beruntung dan diakui sebagai umat Rasululloh di hari selesai kelak. Amin.
Advertisement

Iklan Sidebar