'/> Cara Sholat Hajat Yang Betul Sesuai Tuntunan Rosululloh

Info Populer 2022

Cara Sholat Hajat Yang Betul Sesuai Tuntunan Rosululloh

Cara Sholat Hajat Yang Betul Sesuai Tuntunan Rosululloh
Cara Sholat Hajat Yang Betul Sesuai Tuntunan Rosululloh
Shalat hajat ialah ibadah khusus yang dilakukan kadab seseorang mempunyai sebuah hajat dan ingin hajatnya itu terkabulkan. Dengan melaksanakan shalat hajat secara khusuk dan meminta apa yang diinginkan kepada Alloh sepenuh hati, segala hajat dan keinginan cepat atau lambat dipercaya akan diijabah oleh-Nya.

Kendati begitu banyak keutamaan dan manfaat yang sanggup diperoleh dengan melaksanakan sholat sunah muakad ini, ternyata banyak orang yang masih gamang dan resah wacana bagaimana cara menunaikan sholat hajat dan bacaan apa yang harus dibaca kadab melaksanakannya. Oleh sebab itu, diberikut ini kami akan paparkan mengenai cara sholat hajat yang betul komplit dengan bacaan niat dan doa-doa pekomplitnya. Silakan disimak!

Cara Sholat Hajat yang Betul

 ialah ibadah khusus yang dilakukan kadab seseorang mempunyai sebuah hajat dan ingin haja Cara Sholat Hajat yang Betul sesuai Tuntunan Rosululloh

Menunaikan sholat hajat tidaklah sesusah yang Anda bayangkan sebab tata cara sholat hajat tidak ubahnya menyerupai tata cara sholat sunah lainnya. Semuanya diawali dengan niat dan takbir kemudian diakhiri dengan salam. Namun, pertama yang harus diingat sebelum melaksanakan sholat ini ialah Anda harus ada dalam keadaan suci dari hadast dan najis. Berwudlulah dengan sebaik-baiknya wudlu dan gunakanlah pakaian dan perkomplitan sholat yang suci dari najis.

Setelah sekiranya, Anda sudah benar-benar suci dari hadast dan najis, barulah Anda mulai melaksanakan tata cara sholat hajat menyerupai dijelaskan diberikut ini.

Pertama, bacalah niat sholat hajat dengan mengucapkannya memakai pengecap dan membersitkannya di dalam hati. Bacaan niat sholat hajat 2 rakaat yang Anda baca ialah diberikut ini:


اُصَلّئ سُنَّتَ الحَاخَتِ رَكْعَتَيْنِ لله تَعَلَى

Latinnya : "Ushollii sunnatalhaajati Rok’ataeni Lillahi Ta’ala."
Artinya : "Aku niat shalat hajat dua raka’at sebab Alloh Ta’ala."
Kedua, angkat kedua ujung tangan hingga setinggi pendengaran dengan menghadap kiblat sembari mengucapkan takbiratul ihram (Allohu Akbar). Letakan tangan bersedekap di antara dada dan perut, kemudian bacalah doa iftitah.

Ketiga, bacalah surat Al-Fatihah kemudian lanjutkan dengan bacaan surat pendek. Surat pendek yang dibaca pada rakaat pertama sebaiknya ialah surat Al-Ikhlas, sedangkan surat pendek yang sebaiknya dibaca pada rakaat kedua ialah Ayat Kursi.

Keempat, rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara 2 sujud, sujud kembali, dan bangun untuk melaksanakan gerakan cara sholat hajat lagi di rakaat kedua. Semua gerakan tersebut dilakukan sebagaimana gerakan dan bacaan sholat pada umumnya.

Kelima, untuk rakaat kedua, Anda sanggup pribadi membaca surat Alfatihah kembali dan meneruskan gerakan menyerupai pada rakaat pertama seterusnya hingga sujud yang diakhiri dengan tahiyatul akhir.

Nah, sehabis selesai melaksanakan tahiyatul final dan salam, selesai juga-lah pengaplikasian dan tata cara sholat hajat. Selanjutnya Anda sanggup membaca bacaan doa sholat hajat menyerupai yang dijabarkan pada artikel sebelumnya. Cukup praktis bukan?

Anda sanggup menunaikan sholat hajat sebanyak 2 rakaat atau kelipatannya hingga 12 rakaat setiap harinya. Tidak menyerupai shalat dhuha yang hanya sanggup dikerjakan kadab waktu dhuha atau shalat tahajud yang hanya sanggup dikerjakan ketika malam, sholat hajat sanggup Anda kerjakan kapanpun Anda sempat. Namun, sebaiknya lakukanlah pada waktu sholat hajat yang mustajab yakni pada sepertiga malam terakhir.

Demikianlah pembahasan yang sanggup kami sampaikan terkait cara sholat hajat yang betul. Semoga dengan kita melaksanakan sholat sunah ini dengan ikhlas, segala apa yang kita cita-citakan, baik urusan jodoh, rezeki, kesehatan, atau yang lainnya sanggup dikabulkan oleh Alloh SWT. Amin.
Advertisement

Iklan Sidebar