'/> Doa Sebelum Mencar Ilmu Dan Doa Sesudah Mencar Ilmu + Latin Dan Artinya

Info Populer 2022

Doa Sebelum Mencar Ilmu Dan Doa Sesudah Mencar Ilmu + Latin Dan Artinya

Doa Sebelum Mencar Ilmu Dan Doa Sesudah Mencar Ilmu + Latin Dan Artinya
Doa Sebelum Mencar Ilmu Dan Doa Sesudah Mencar Ilmu + Latin Dan Artinya
Untuk mendapatkan pemahaman yang baik perihal pelajaran, selain dengan belajar secara ulet dan sungguh-sungguh, sebagai seorang muslim hendaknya kita juga mengiringi setiap acara berguru dan mengajar dengan doa kepada Alloh.

Membaca doa sebelum belajar dan doa sehabis berguru selain bisa memberi manfaat untuk melatih kepribadian belum dewasa supaya ludang kecepeh religius juga sanggup menjadi permohonan kepada Alloh supaya acara berguru yang dilakukan tersebut sanggup memmemberikankan hasil yang paling bagus.

Di artikel kali ini, kami akan mengulas perihal beberapa doa yang terkait dengan pembelajaran, khususnya perihal doa sebelum berguru dan sehabis belajar. Bagi Anda para guru, silakan ajarkan doa memberikankut ini kepada anak didik Anda.

Doa Sebelum Belajar

Yang pertama yaitu doa sebelum belajar. Rasululloh mengajarkan kepada kita supaya knorma dan sopan santun hendak berguru menuntut ilmu, kita sebaiknya memohon kepada Alloh supaya dimemperringan dan sepelekan dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Berikut ini lafal doa yang sanggup dibacakan tidak ada yang kurang dengan latin dan artinya.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik perihal pelajaran Doa Sebelum Belajar dan Doa Setelah Belajar + Latin dan Artinya

Latinnya : Rodlittu billahirobba, wabi islamidiina, wabimuhammadin nabiyyaw-warasulla. Robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.
Artinya : Kami ridhoi Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, masukkanlah kepadaku ilmu dan memberikankanlah saya pemahaman yang baik.

Doa di atas memberikansi perihal ucapan terimakasih kita kepada Alloh alasannya yaitu sudah dilahirkan sebagai orang Muslim. Selain doa di atas, Anda juga sanggup mengamalkan doa lainnya sebagai permohonan supaya dimemberikan kememperringan dan sepelean dalam pembelajaran. Atau akan ludang kecepeh baik kalau diamalkan keduanya. Berikut ini lafal dan artinya tidak ada yang kurang.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik perihal pelajaran Doa Sebelum Belajar dan Doa Setelah Belajar + Latin dan Artinya

Latinnya : Rabbii zidnii ‘ilmaan, warzuqnii fahmaan, waj’alnii minash-shaalihiin.
Artinya : Ya Allah, masukkanlah saya ilmu, dan memberikanlah saya karunia semoga sanggup memahaminya, dan jadikanlah saya masuk ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.

Kedua doa sebelum berguru di atas sanggup dibacakan baik knorma dan sopan santun kita menuntut ilmu dunia maupun ilmu agama. Berdoalah sebelum berguru supaya acara yang kita lakukan sanggup menjadi amal sholeh dan kita sanggup dimemberikankan pemahaman olehnya.
Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan
Doa Setelah Adzan dan Iqamat
Niat Puasa Senin Kamis

Doa Setelah Belajar

Setelah melewati acara pembelajaran di sekolah, biasanya kita hanya membaca surat Al-Fatihah sebagai doa epilog pembelajaran. Padahal, doa tersebut gotong royong tidak diajarkan oleh rasululloh. Sebagai gantinya, silakan gunakan doa memberikankut ini sebagai doa setelah berguru yang sesuai sunnah.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik perihal pelajaran Doa Sebelum Belajar dan Doa Setelah Belajar + Latin dan Artinya

Latinnya : Allohumma arinal haqqo haqqon, warzuqnattibaa’ahu. Wa arinalbaathila baa-thilan warzuqnaj-tinaabahu.
Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, semoga kami sanggup mengikutinya. Tunjukkanlah kepada kami keburukan semoga kami sanggup menjauhinya.

Selain doa di atas, Anda juga sanggup mengamalkan doa setelah berguru dengan lafal memberikankut ini.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik perihal pelajaran Doa Sebelum Belajar dan Doa Setelah Belajar + Latin dan Artinya

Latinnya: Allahumma innii-istaudi'uka maa-allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi, walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin.
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku disaat saya membutuhkannya. Janganlah Engkau buat saya lupa kepadanya. Wahai Tuhan Pemelihara Alam.

Adab Sebelum dan Setelah Belajar

Nah, sebagai seorang muslim yang baik, selain dengan mengamalkan doa sebelum berguru dan sesudahnya, kita juga sebaiknya mengikuti adab-adab dalam menuntut ilmu menyerupai yang dicontohkan oleh Rasululloh. Berikut ini adab-adab tersebut.
  1. Mengikhlaskan niat semata lantaran Alloh dalam menuntut ilmu.
  2. Rajin berdoa kepada Allah Ta’ala untuk memohon ilmu yang memberi manfaat.
  3. Bersungguh-sungguh ketika berguru dan selalu merasa haus ilmu.
  4. Jauhkan diri dari dosa dan maksiat dengan bertaqwa kepada Allah Ta’ala.
  5. Tidak boleh arogan atau sombong dan dilarang aib bertanya dalam menuntut ilmu.
  6. Mendengarkan pelajaran yang disampaikan ustadz, syaikh atau guru dengan baik-baik penuh perhatian.
  7. Diam knorma dan sopan santun pelajaran disampaikan.
  8. Berusaha memahami dan menghapalkan ilmu syar’i yang disampaikan serta mengikat ilmu dengan tulisan.
  9. Amalkanlah ilmu yang telah diperoleh dan berusahalah untuk berbagi ilmu tersebut demi kebaikan. Jika ada yang bertanya perihal suatu ilmu kepada Anda, maka tpendapatlah. Jangan pernah menyembunyikan ilmu.

Nah, demikianlah kumpulan doa sebelum berguru dan doa setelah belajar tidak ada yang kurang dengan artinya. Semoga memberi manfaat dan kita tiruana sanggup dimemberikankan kememperringan dan sepelean dalam mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh guru di sekolah atau knorma dan sopan santun kita berguru di rumah. Salam.
Advertisement

Iklan Sidebar