'/> Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah Dan Keutamaannya

Info Populer 2022

Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah Dan Keutamaannya

Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah Dan Keutamaannya
Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah Dan Keutamaannya
Shalat witir merupakan salah satu amalan sholat sunnah muakad, artinya sholat sunnah yang sangat utama untuk dikerjakan. Sholat witir juga umum disebut sholat epilog malam alasannya yaitu sholat ini dilaksanakan pada waktu malam sehabis amalan-amalan sholat sunah lainnya. Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan terlaksanakan sholat sunah ini semasa hidupnya. Menurut beberapa riwayat, sholat dengan jumlah rakaat ganjil ini ternyata mempunyai banyak keutamaan dan manfaat, terutama kalau rutin dilakukan. Apa saja keutamaan dan manfaat sholat witir tersebut? Ingin tahu tpendapatannya? Silakan simak pemaparan memberikankut!

Manfaat Sholat Witir

 merupakan salah satu amalan sholat sunnah muakad Manfaat Sholat Witir, Hikmah, Fadilah dan Keutamaannya

Sholat witir dikerjakan pada rentang waktu antara sholat Isya dan sholat subuh. Dengan jumlah rakaat ganjil, kita disunahkan untuk melaksanakannya sehabis shalat Tahajud atau sehabis sholat tarawih. Jika dilaksanakan secara rutin, sholat sunah ini akan memmemberikankan banyak manfaat. Berikut ini yaitu keutamaan dan manfaat sholat witir tersebut.

1. Amalan yang Sangat Disukai Allah

Keutamaan dan manfaat sholat witir yang pertama yaitu sebagai amalan sunah yang sangat disukai oleh Alloh. Keutamaan ini sesuai dengan pnorma dan sopan santunn hadist yang diriwayatkan Abu Daud memberikankut ini

Dari Ali bin Abi Thalib RA., dia menyampaikan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:


إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ
“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melaksanakan shalat Witir, maka shalat Witir-lah, wahai para sangat menguasai al-Qur-an.”
Hadist tersebut yaitu hadist sahih yang menggambarkan betapa beruntungnya orang yang rajin menunaikan sholat witir sebagai sholat epilog malamnya. Alloh menyukai orang-orang yang sering sholat witir. Oleh kesannya tentu tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menunaikannya, terutama kalau kita ingin menerima daerah terbaik di sisi-Nya kelak di hari kemudian.

2. Menyempurnakan Sholat Malam

Keutamaan dan manfaat sholat witir selanjutnya yaitu sebagai penutup, petidak ada yang kurang, dan penyempurna amalan-amalan sholat malam. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa tidak pernah Rasulullah SAW walau dalam keadaan safar sengaja meninggalkan dua sholat sunnah, yaitu sholat fajar (sebelum subuh) dan sholat witir. Riwayat ini tentu menggambarkan betapa sholat witir ternyata sangat utama untuk ditunaikan, hingga Rasululloh hingga sedemikian sigapnya menunaikan sholat pengakhir malam ini.

Jika Anda takut ketiduran sehingga tidak bisa bangkit ketika tengah malam, maka Anda sanggup menunaikan sholat witir pada awal malam sesaat sebelum dia tidur atau sehabis sholat tarawih kalau pada masa Ramadhan. Namun bila Anda yakin bisa bangkit ketika tengah malam, tepatnya pada waktu sepertiga malam untuk melaksanakan tahajud, maka ludang kecepeh baik Anda menunaikan sholat sunnah witir sehabis sholat tahajud saja.

3. Waktu Diijabahnya Doa

Sholat malam ibarat tahajud dan witir dilaksanakan pada waktu sepertiga malam terakhir atau pada waktu dimana doa menjadi sangat mustajab dan memperringan dan sepele dikabulkan Alloh. Oleh alasannya yaitu itu, kalau Anda mempunyai keinginan atau hajat tertentu lakukanlah rangkaian sholat malam, mulai dari sholat hajat, dilanjut dengan tahajud, dan diakhiri dengan sholat witir dan doanya. Dengan melaksanakan sunah tersebut dan memohon tiruananya kepada Alloh dengan sepenuh hati pada waktu yang mustajab insya Alloh apa yang menjadi hajat dan impian Anda sanggup terlaksana.

Nah, demikianlah beberapa manfaat sholat witir dan keutamaannya. Semoga dengan apa yang ditulis di artikel sederhana ini kita tiruana sanggup tergerak untuk gemar menunaikan sholat malam di sisa-sisa umur kita yang mungkin tak usang lagi. Semoga memberi manfaat dan kita tiruana sanggup menjadi muslim sejati dengan mengikuti sunnah-sunnah Rosululloh SAW. Amin.
Advertisement

Iklan Sidebar