'/> Niat Puasa Arafah Dalam Bahasa Arab Lengkap Arti Dan Latinnya

Info Populer 2022

Niat Puasa Arafah Dalam Bahasa Arab Lengkap Arti Dan Latinnya

Niat Puasa Arafah Dalam Bahasa Arab Lengkap Arti Dan Latinnya
Niat Puasa Arafah Dalam Bahasa Arab Lengkap Arti Dan Latinnya
Niat Puasa Arafah - Salah satu ibadah di bulan Haji (Dzulhijah) yang mempunyai banyak keutamaan ialah ibadah puasa arafah. Puasa arafah ialah puasa yang ditunaikan pada hari arafah (tanggal 9 Dzulhijah) atau sempurna sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, khusus bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Pada artikel kali ini, kami akan membahas perihal ibadah puasa sunah yang satu ini, mulai dari keutamaan, manfaat, sampai niat puasa arafah bagi Anda yang membutuhkan. Silakan disimak!

Niat Puasa Arafah

Pelaksanaan puasa arafah telah dicontohkan oleh Rosululloh semasa hidupnya. Bahkan, dia sangat menganjurkan umatnya untuk menunaikan ibadah yang satu ini. Buktinya, ada sebuah riwayat yang menyatakan bahwa Rosululloh pernah ditanya mengenai keutamaan puasa di hari arafah, kemudian dia menjawaban bahwa puasa arafah sanggup menghapus tiruana dosa yang kita lakukan di tahun kemudian dan dosa yang kita lakukan di tahun yang akan datang.

 yang mempunyai banyak keutamaan ialah ibadah puasa arafah Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Arab Lengkap Arti dan Latinnya

Hadist tersebut tentu menggambarkan betapa mulianya puasa arafah di sisi Alloh. Sayang seribu sayang kalau dalam satu tahun yang panjang kita membiarkan satu hari arafah terlewat begitu saja tanpa melakukan puasa. Oleh lantaran itu, marilah kita menunaikan ibadah ini sebagai wujud ketakwaan dan pengasa kita pada ridho Alloh SWT.

Untuk menunaikan ibadah puasa arafah, di malam harinya, Anda terludang keringh lampau diperkenankan membaca doa niat puasa arafah. Doa niat puasa arafah mempunyai lafadz, arti, dan bacaan latin sebagai mana diberikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Nawaitu Shauma 'Arofata Sunnatan Lillaahi Ta'aala”
Artinya : “Aku Niat Puasa Arafah Sunnah Karena Allah Ta'ala”
Yang perlu diingat, sebelum berniat untuk melakukan puasa arafah keesokan harinya, pastikan tubuh dan tubuh Anda bebas dari hadast besar terludang keringh lampau. Mandi wajib-lah untuk meluruhkan segala hadast besar biar ibadah dan niat puasa arafah yang kita lakukan esok hari sanggup diterima di sisi Alloh sebagai amalan yang baik.

Hukum Puasa Arafah

Hukum puasa arafah ialah sunah muakad atau sunah yang sangat diutamakan. Beberapa riwayat menjelaskan keutamaan bagi seorang muslim untuk niat puasa arafah dan menunaikannya dengan penuh keikhlasan. Riwayat-riwayat yang menyatakan perintah pengaplikasian puasa sunah arafah ialah riwayat dari haist yang kuat. Semua madzhab dalam fiqih islam oke kalau puasa arafah ialah amalan yang dicontohkan Rosululloh SAW. [Baca Juga : Niat Puasa Rajab]

Keistimewaan Hari Arafah

Hari arafah atau hari dimana umat Islam yang melakukan ibadah haji tengah berwukuf di padang Arafah memang ialah hari yang istimewa. Pada hari ini, umat muslim di seluruh dunia berkumpul jadi satu, tumpah ruah mengisi setiap jengkal tanah di padang arafah untuk menunaikan wukuh. Di pecahan bumi lain bermilyar-milyar umat islam bergembira lantaran hari kemenangan Idul Adha menjelang di depan mata.

Dalam hadist, disebutkan pula bahwa pada hari arafah tiruana doa umat islam yang beruntung akan diijabah oleh Alloh SWT. Doa yang dipanjatkan di hari arafah ialah sebaik-baiknya doa. Oleh karenanya, kalau Anda ada hajat atau keinginan, mintalah pada Alloh pada hari tersebut dengan sepenuh hati.

Nah, demikianlah sekilas pemaparan kami mengenai niat puasa arafah dalam bahasa Arab komplit dengan latin dan artinya. Semoga dengan mengetahui keistimewaan dan keutamaan puasa di hari arafah, kita tiruana semangat untuk mengerjakan amalan sunah ini esok hari. Semoga kita tiruana tergolong umat yang selalu berpegang pada sunnah. Amin. Selamat menunaikan!
Advertisement

Iklan Sidebar