'/> Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, Dan Doa Setelahnya

Info Populer 2022

Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, Dan Doa Setelahnya

Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, Dan Doa Setelahnya
Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, Dan Doa Setelahnya
Dalam pedoman Islam, sholat merupakan ibadah yang paling utama. Tidak berlaku amalan-amalan lain bagi seorang muslim bila sholatnya tidak sempurna. Sholat ialah tiang agama, sehingga untuk mendirikan agama kita, sholat mutlak dan harus ditunaikan sebagai kewajiban dan kebutuhan kita selaku umat muslim.

Sholat Witir

Pada artikel kali ini, kami selaku Administrator Blog akan membahas salah satu amalan sholat sunah yang mungkin sering Anda dengar, terutama knorma dan budpekerti demam isu bulan Ramadhan tiba. Amalan sholat sunnah tersebut yaitu sholat witir.

 sholat merupakan ibadah yang paling utama Sholat Witir : Manfaat, Keutamaan, Cara, Niat, dan Doa Setelahnya

Sengaja kami membahas perihal sholat sunah ini tak lain alasannya masih banyak saudara-saudara kaum muslimin yang salah persepsi terkait pelakanaannya. Oleh alasannya itu, silakan simak pembahasan memberikankut ini mengenai sholat witir mulai dari niat, cara melaksanakan, serta bacaan doa yang sebaiknya dibaca untuk menambah wawasan fiqih kita tiruana.

Hukum Menunaikan Sholat Witir

Sholat witir disyariatkan terperinci dalam pedoman Islam. Beberapa hadist sahih menggambarkan betapa amalan ini merupakan amalan yang diutamakan. Rasululloh SAW juga mencontohkan terlaksanakan sholat witir ini semasa hidupnya sebagai teladan bagi para umatnya. Adapun salah satu hadist yang menjadi dasar perintah menunaikan sholat witir contohnya sebagai memberikankut:
Niat Sholat Witir 1 Rakaat Niat Sholat Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Latinnya : “Usholli Sunnatal Witri Rak' ata Lillaahi Ta'aalaa.”
Artinya : “Saya niat sholat witir satu raka'at alasannya Allah Ta'ala."
Latinnya : “Ushalli Sunnatal Witri Rak' Ataeni  Lillaahi Taa'alaa”
Artinya : “Saya niat sholat witir dua raka'at alasannya Allah Ta'ala.”
Dari hadist di atas sanggup kita tarik kesimpulan bahwa melakukan sholat witir ialah sebuah keutamaan bagi umat muslim. Alloh SWT menyukai mereka yang gemar mengakibatkan sholat witir sebagai sholat epilog malamnya.

Cara Sholat Witir

Sholat witir ialah sholat yang hukumnya sunah muakad atau sunah yang diutamakan. Sholat ini dikerjakan dalam bilangan rakaat yang ganjil. Anda bisa mengerjakan sholat ini sebanyak 1 rakaat, 3 rakaat, atau seterusnya sampai 11 rakaat secara berjamaah atau sendirian. Setiap 2 rakaat, sholat witir diakhiri dengan 1 kali salam, kecuali pada 1 rakaat terakhir.

Untuk memulai sholat witir, Anda perlu membaca niatnya terludang kecepeh berlalu dan silam. Adapun niat sholat witir untuk 1 rakaat dan 2 rakaat secara berurut-turut ialah sebagai memberikankut.

Setelah membaca niat tersebut, selanjutnya lakukan gerakan dan bacaan sholat menyerupai pada umumnya, mulai dari membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, surat pendek, dan seterusnya. Setidak ada yang kurangnya mengenai panduan dan tata cara sholat witir, Anda sanggup membacanya di link ini.

Doa Sholat Witir

Setelah rakaat terakhir dari sholat witir selesai dilaksanakan, selanjutnya disunahkan bagi kita untuk membaca doa sholat witir atau doa qunut witir. Lafal bacaan doa sholat witir ini sanggup Anda temukan pada artikel berjudul “Doa Sholat Witir (Qunut) arti dan latinnya".

Membaca doa qunut witir ialah sunnah, bila mungkin Anda keberatan menghapal bacaan Arabnya, Anda bisa cukup membaca artinya saja. Jika mungkin keberatan membaca artinya, cukup dengan wirid semampunya pun sudah cukup. Ibadah tiba untuk mememperringan dan sepelekan, jadi yang penting laksanakan sholat witir dengan penuh keikhlasan dan semata-mata hanya mengharap ridho-Nya. Insya Alloh segala kememperringan dan sepelean menyertai kehidupan kita dunia dan akhirat.

Waktu Sholat Witir

Sholat witir dilakukan pada jangka waktu sehabis Sholat Isya sampai waktu Sahur. Jika hendak melakukan sholat tarawih (bulan Ramadhan), sholat tahajud, sholat hajat, sholat istikhoroh, dan sholat sunah lainnya, sholat witir dilaksanakan pada urutan terakhir sehabis tiruana sholat tersebut dikerjakan.

Nah, demikianlah pemaparan sekilas mengenai sholat witir mulai dari hukumnya, cara, bacaan niat, doa, dan waktu terlaksanakannya. Semoga sanggup membantu pemahaman kita tiruana dalam mengkaji ilmu fiqih secara ludang kecepeh baik. Selamat menunaikan ibadah sholat witir dan biar segala amalan kita diterima oleh Alloh sehingga kita tiruana diakui sebagai umat Nabi Muhammad SAW di hari simpulan zaman nanti. Salam.
Advertisement

Iklan Sidebar